Senin, 13 Juni 2011

Pidato Q waktu ujian praktek

Selamat pagi...
Yang terhormat Ibu Margrith selaku guru bahasa Indonesia dan ibu ... selaku pengawas pada ujian praktek bahasa Indonesia kali ini.

Pertama-tama marilah kita naikan puji dan syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa karena atas berkat yang telah diberikan-Nya, kita dapat berkumpul di tempat ini pada saat yang berbahagia ini. Sebelum saya menyampaikan pidato saya, saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya. pidato saya kali ini bertopik “Bahaya Rokok”.


Teman-teman yang berbahagia...

Tahukah kalian apa itu rokok??? Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 mm hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dangan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lain.

Manusia di dunia yang merokok untuk pertama kalinya adalah suku bangsa Indian di Amerika, untuk keperluan ritual seperti memuja dewa atau roh.


Teman-teman yang saya cintai...

Kamu harus tahu bahwa kerugian yang ditimbulkan rokok sangat banyak bagi kesehatan. Rokok mengandung 4000 zat dan 200 diantaranya dinyatakan berbahaya. Contohnya adalah tar,nikotin dan karbonmonoksida.


Kandungan zat berbahaya yang tergantung dalam rokok :
*Tar adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru.
*Nikotin adalah zat adiktif yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah. Zat ini bersifat karsinogen, dan mampu memicu kanker paru-paru yang mematikan.
*Karbon monoksida adalah zat yang mengikat hemoglobin dalam darah, membuat darah tidak mampu mengikat oksigen.

Pengaruh rokok terhadap tubuh :
*Otak : Nikotin yang terdapat dalam rokok mempengaruhi kerja otak dan menyebabkan kecanduan

*Tenggorokan : senyawa kimia pada rokok merangsang selaput lendir. Sehingga perokok biasanya mengeluarkan banyak dahak dan sering batuk. Perokok juga lebih mudah terserang kanker tenggorokan.

*Kulit : Kulit kusam dan cepat keriput karena aliran darah ke kulit berkurang. Bisa terkena psoriasasi yaitu penyakit kulit menahun yang sangat gatal, ditandai oleh kulit kemerahan, kering, dan mengelupas berupa serpihan warna perak.

*Jari dan Kuku : tar yang terdapat pada tembakau membuat jari berwarna kuning dan kuku berwarna hitam.

*Mulut : Gigi berwarna kuning dan nafas bau. Perokok beresiko terkena kanker mulut, lidah dan bibir.

*Paru-paru : perokok lebih banyak terserang kanker paru-paru daripada bukan perokok. Selain itu, perokok juga lebih mudah terserang bronkitis (radang saluran pernapasan/bronkus), sesak nafas dan asma, emfisema (paru-paru bengkak)

*Jantung : zat-zat pada rokok membuat jantung berdenyut lebih cepat dan keras. Perokok lebih mudah terkena serangan jantung dan stroke.

*Pembuluh darah: merokok menyebabkan lapisan sel pada dinding pada pembuluh darah rusak. Akibatnya lemak mudah tertimbun dan aliran darah terganggu.


Teman-teman yang saya cintai...

Setelah kita semua tahu bahwa rokok sangat berbahaya bagi kesehatan, apakah masih tetap nekat mau merokok dan mengorbankan masa depan?? Badan kesehatan dunia (WHO) mengatakan bahwa, setiap hari ada satu jiwa melayang akibat dari merokok. Betapa bahayanya rokok bagi kehidupan kita, sudah sepatutnyalah kita menjauhi rokok. Sekarang bagaimana dengan orang-orang yang sudah terlanjur menjadi perokok???

Teman-teman yang saya banggakan...

Tidak ada kata terlambat untuk meninggalkan hal-hal buruk, apalagi jika menyangkut masa depan kita semua. Dan begitu pula, tiada kata terlambat untuk berhenti merokok. Asalkan kamu benar-benar yakin dan percaya bahwa kamu dapat meninggalkan rokok, kamu pasti dapat melakukannya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar kamu dapat berhenti merokok.

Pertama, hindari teman-teman perokok. Yaitu dengan menjauh dari mereka untuk beberapa waktu lamanya dapat menolong kamu untuk tidak merokok lagi. Bahkan ada baiknya kamu umumkan pada teman-teman kamu dan keluarga kamu bahwa kamu akan berhenti merokok. Teman yang baik adalah teman yang mendukung kegiatan positif dari temannya bukan malah mengolok-oloknya.

Kedua, buang atau bakarlah sisa rokok yang masih ada. Cuci semua pakaian-pakaian, kain seprei, sarung bantal, dan semua barangmu yang berbau rokok. Buanglah asbak dan jangan sekali-kali kamu menyimpan rokok apabila kamu benar-benar ingin berhenti.

Ketiga, buatlah dirimu sesibuk mungkin dan usahakan di tempatmu bersibuk-sibuk ria tidak ada sebatang rokokpun. Buatlah hal ini selama 5 hari karena sesudah 5 hari kamu tidak merokok maka kamu tidak terlalu lagi menyukai asap rokok.

Keempat, minumlah air putih sebanyak-banyaknya, sedikitnya 8 gelas per hari akan menolong kamu membersihkan diri dari nikotin dan tar yang ada di dalam darah. Jauhi minuman keras, kopi, teh maupun minuman bersoda jika kamu benar-benar ingin berhenti merokok. Kemudian makanlah makanan yang sederhana dan tidak mengandung terlalu banyak bumbu, makanan berlemak, dan yang pedas. Makanlah jenis-jenis lalapan, tempe tahu dan buah-buahan.

Kelima, cukup waktu tidur dan istirahat karena ini akan menbuat kamu lebih rileks, segar dan sehat. Kesehatan jasmani seseorang yang dibarengi dengan ketenangan syaraf serta pikiran akan menbantu kemauan keras menghentikan kebiasaan perokok.

Yang terakhir, percayalah bahwa Tuhan akan menolong kamu. Tuhan mencintai hambanya yang sehat dan kuat, yang menghargai dirinya seutuhnya sehingga tidak merusak dirinya. Dengan merokok, kamu memasukan nikotin ke dalam tubuhmu dan Tuhan tidak akan suka itu. Oleh karena itu, keputusan pribadi kamu untuk berhenti merokok akan berhasil kalau kamu percaya bahwa Tuhan akan menbantu kamu. Mintalah pertolongan pada-Nya.

Teman-teman yang saya cintai...
Demikianlah hal yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Saya berharap apa yang saya sampaikan dapat berguna bagi teman-teman semua, agar kita lebih mengerti bahwa rokok sangat berbahaya bagi kesehatan. Tidak hanya bagi perokok tapi bagi mereka yang menghirup karena 75% racun rokok yang terkandung pada asapnya. Bagi kalian yang tidak merokok, janganlah menciba-coba karena itu dapat berakibat kalian manjadi ketergantungan pada rokok. Dan bagi yang sudah kecanduan pada rokok, segeralah berhenti selagi Tuhan masih memberikan waktu untuk menikmati indah dunia ini.
Akhir kata, Saya memohon maaf apabila ada kata-kata saya yang menyinggung perasaan teman-teman. Saya hanyalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan. Terima kasih atas perhatian yang telah diberikan. Semoga hari esok bisa lebih baik dari hari ini. Selamat pagi !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer Q